SOSIALISASI DAN PENYULUHAN EDIBLE LANDSCAPING UNTUK KEMANDIRIAN KETAHANAN PANGAN DARI PEKARANGAN RUMAH YANG ESTETIK BAGI KADER NASYIATUL ‘AISYIYAH BANYUMAS

Authors

  • Dewi Susylowati Universitas Muhammadiyah Purwokerto Author
  • Pujiati Utami Author
  • Oetami Dwi Hajoeningtijas Author

DOI:

https://doi.org/10.62521/vz1n7h93

Keywords:

Malnutrisi, Edible Landscaping, Stunting, Nasyiatu ‘Aisyiyah

Abstract

Indonesia saat ini mengalami triple burden of malnutrition yaitu stunting di Indonesia masih pada angka yang tinggi sebesar 30. Permasalahan gizi di Indonesia berhubungan erat dengan pola konsumsi, makan atau diet masyarakat. Disinilah peran Nasyiatul ‘Aisyiyah yang memang ladang garap dakwahnya adalah para muslimah muda yaitu mengedukasi peer group dengan edible landcaping untuk mencegah malnutrisi dalam keluarga. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode partisipasi langsung. Adapun tahapan-tahapannya terdiri dari: 1) sosialisasi tentang pemanfaatan lahan pekarangan yang memiliki nilai ekologi dan ekonomi; 2) memberikan pemahaman tentang edible plant dan bagaimana memanfaatkannya untuk ketahanan pangan dan sediaan herbal; 3) memberikan pemahaman bagaimana memilih desain edible landscaping; dan 4) praktek mandiri. Setelah kegiatan sosialisasi dan penyuluhan. pemahaman menyeluruh tentang stunting mengalami peningkatan sebanyak 23% setelah diberikan materi. Pengetahuan yang mendalam tentang edible landscaping meningkat sebanyak 20% pada saat postest. Hasil kuisioner pada post test menunjukkan bahwa 75% peserta yang memiliki pengetahuan tentang bunga edible.

Downloads

Download data is not yet available.
cover

Downloads

Published

2024-09-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

SOSIALISASI DAN PENYULUHAN EDIBLE LANDSCAPING UNTUK KEMANDIRIAN KETAHANAN PANGAN DARI PEKARANGAN RUMAH YANG ESTETIK BAGI KADER NASYIATUL ‘AISYIYAH BANYUMAS. (2024). Artha Imperium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20-29. https://doi.org/10.62521/vz1n7h93

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2